Copyright 2019 - Custom text here

http://s-yoolk-images.s3.amazonaws.com/my/gallery_images/original/1436029371/1627101?1436029371

JAKARTA-GAMAL INSTITUTE.  Indonesia dikenal sebagai pulau kelapa. Sehingga dalam sebuah lagu nasional terdapat lirik rayuan pulau kelapa. Hanya saja kelapa belum menjadi andalan Indonesia.

Menurut, Wayan Supadno, seorang petani kelapa sawit asal Pangkalanbun, Kalimantan Tengah, bahwa kelapa harusnya lebih menguntungkan dari kelapa sawit. Pasalnya kalau kelapa sawit hanya TBS yang bisa dimanfaatkan. Sementara kelapa setiap komponen buah  juga daunnya bisa dipakai dan pasarnya juga tersedia. Dari sabutnya bisa dioleh menjadi berbagai produk turunan. Daging buah kelapa bisa diolah menjadi produk bernilai mulai dari santan, minyak goreng hingga  tepung kelapa. Sementara airnya bisa dimanfaatkan menjadi bahan baku bioethanol dan minuman.

Ini belum termasuk potensi pemanfaatan nira, daun muda, batang kelapa. Hanya saja persoalahnya menurutnya kelapa kurang mendapatkan perhatian. Agroindustri tidak berkembang dan inovasi tidak tersebar sampai ke tingkat petani.  

Sementara berdasarkan informasi dari kawan-kawan industri kebutuhan kelapa besar. Tapi selama tidak dimanage dengan baik dan petani tidak mampu mengolahnya maka tidak akan berjalan"", ungkapnya.

Ada banyak hal yang harus ditata menurut Wayan. Mulai dari sistem pemasaran dimana industri harus juga turun gunung membina petani. Inovasi harus diintroduksi kepada petani. Lalu  kebun kelapa harus segera diremajakan, pasalnya pohon kelapa yang menjulang tinggi akan membuat biaya pemetikan buah menjadi tinggi.