Copyright 2019 - Custom text here

BOGOR-GAMAL INSTITUTE. Setelah sejumlah produsen benih mengeluarkan materi tahan ganoderma kini giliran Pusat Penelitian Kelapa Sawit Medan melepas varietas unggul produksi tinggi dan moderat tahan ganoderma.

Adapun varietas yang dimaksud adalah D x P 540 NG. Varietas ini memiliki rata-rata produksi 28,1 ton/ha/tahun dengan bobot tandan rata-rata 15,4 kg untuk tanaman 6- 9 tahun. Sementara potensi CPO bisa mencapai 7,53 – 8,1 ton per ha per tahun.

Gambar. Perbandingan Mesokarp 540 NG (kiri) dengan Yangambi (kanan)

Hal yang menarik adalah mesokarp per buah bisa mencapai 84,5 % - 87,5 %. Dengan ketebalan cangkang sedang. Sementara keunggulan lainnya D x P 540 NG moderat tahan ganoderma. Dimana pada kebun percobaan yang merupakan endemik ganoderma kejadian  serangan relatif rendah pada tanaman ini.

Adapun induk terpilih baru sebanyak 32 pohon dura. Sehingga kapasitas produksi diperkirakan hanya 160.000 kecambah pada tahun 2017.

Kehadiran varietas ini diharapkan tidak saja memberikan manfaat bagi pekebun melalui kandungan minyaknya yang tinggi. Juga melalui ketahanan terhadap ganoderma mengingat saat ini sebagaian besar perkebunan kelapa sawit di Indonesia telah dan akan memasuki siklus kedua, pada masa dimana serangan ganoderma mulai dijumpai.