Copyright 2019 - Custom text here

http://66.media.tumblr.com/8a390eca4bd20b373d7026fb033febd2/tumblr_nnuislxI6d1t15h2ho1_500.jpg

 JAKARTA-GAMAL INSTITUTE. Banyak orang yang menganggap bahwa setiap tanaman hasil rekayasa genetic merupakan GMO. Namun tidak banyak orang yang mengenal istilah Cisgenik.

GMO sesungguhnya merupakan bentuk teknologi generasi ketiga yang menghasilkan materi bahan tanam dari perakitan gen asing atau dari organisme lain ke tanaman target. Atau biasa disebut transgenik.

Menurut Dr Nurita, pakar biogenetika, Sementara Cisgenik adalah teknologi yang hampir mirip dengan GMO hanya materi genetic yang dimasukkan ke tanaman target berasal dari spesies yang sama. Cara memasukkan gen sama dengan  trans yakni menggunakan Agrobacterium tumifciens, particle bombardment atau electrofusion.

“Ini adalah metoda pemuliaan yang sesungguhnya tidak berbeda dengan hybrid, yang merupakan teknologi generasi pertama. Hanya dengan Cisgenik proses pemindahan gen berlangsung lebih cepat dan tidak melibatkan proses persilangan”, jelasnya.

Teknologi ini sudah lazim digunakan, hanya banyak orang yang belum mengenal Cisgenik. Nurita mengharapkan agar regulasi yang ada sudah dapat mengakomodir penyediaan benih dengan teknologi  tanpa disamakan dengan GMO yang membutuhkan proses pengawasan yang lebih ketat.