Copyright 2022 - Custom text here

PEKANBARU-GAMAL INSTITUTE. Kabar gembira. Koleksi varietas unggul kelapa sawit asli Indonesia bertambah lagi 2 yakni D X P FR 1 dan FR 2.  Kedua varietas ini merupakan hasil persialangan antara Dura Deli x Avros. Dimana produsen benihnya memasarkan kedua varietas ini dengan jargon “kelapa sawit produksi minyak tinggi”.  

Menurut Fathona, Head R & D di PT PT. Panca Surya Garden kedua varietas ini memiliki sejumlah keunggulan. D X P FR 1 (First Resources 1) yakni memiliki produksi mencapai 35 Ton TBS/ ha/tahun (umur tanaman 7 tahun), dengan produksi rasa-rasa mencapai 30,4 Ton TBS ha/tahun.  Sementara D X P FR 2 mencapai 34 ton TBS/ ha/tahun ( 7 tahun) dengan produksi  rata-rata 29,4 ton TBS/ha/tahun. Sementara kelebihan D X P FR2 memiliki pelepah lebih pelepahnya.  

“ Sementara itu dari sisi daya hasil minyak kedua varietas ini memiliki produksi minyak total 31,4 Persen (CPO 29,3 persen dan PKO 2,1 persen). Dengan potensi CPO bisa mencapai  10,3 ton/ha/tahun dan rata-rata mencapai 9 ton/ha/tahun”, jelasnya.

Kedua bahan tanam unggul ini, , kata Fathoni, sudah dilepas melalui sidang pelepasan varietas pada Mei 2018 sehingga dapat digunakan secara luas. Adapun potensi produksi kecambah sekitar 4,5 sampai 6 juta tahun per tahun dari kebun induk di daerah Kubang Kabupaten Kampar, seluas 45 ha.

Hal yang menarik seed garden dari PT. Pasca Surya Garden adalah yang pertama berdekatan dengan lapangan golf yang asri. Jadi yang ingin berkunjung ke kebun induk bisa sekalian bermain beberapa hole.