Copyright 2021 - Custom text here

 

Image result for palm oil seed TOPAZ

JAKARTA-GAMAL INSTITUTE. Dari riset kurang lebih 20 tahun, PT Tunggal Yunus Estate menembukan varietas unggul kelapa sawit yang produksi tinggi, tahan Ganoderma dan cukup adaptif di lahan gambut.

AA TOPAZ GT boleh dikatakan cukup menarik. pasalnya produksi TBS cukup tinggi dengan rata-rata 34,5 ton/ha/tahun. Sementara produksi CPO bisa mencapai 9,2 ton/ha/tahun. Dengan umur mulai berbuah 18 bulan dan mulai dapat dipanen pada umur 30 bulan. Dengan kecepatan meninggi 47,5 cm/tahun.

Namun yang patut menjadi catatan adalah varietas ini memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap Ganoderma. Dan proses seleksi pengujiannya termasuk unik. Pasalnya calon-calon tanaman yang diduga memiliki ketahanan terhadap Ganoderma diinfeksi menggunakan isolate dengan tingkat agresivitas tinggi.

Sebelum melakukan pengujian tim Riset dari R & D Asian Agri melakukan seleksi terhadap strain Ganoderma yang ada di lapangan untuk mencari yang paling ganas. Dari hasil penelitian tersebut ditemukan jika Ganoderma yang paling agresif merupakan spesies G. Boninense dari tanah gambut di wilayah Sumatera Utara.  Lalu dari spesies ini digunakan untuk menginfeksi calon-calon tanaman tanah Genoderma dengan pembanding varietas MTG yang telah ada.

Hasilnya meskipun diinfeksi dengan strain Ganoderma yang paling agresif, nomor seleksi yang akhirnya ditetapkan sebagai AA TOPAZ GT memiliki tingkat infeksi yang rendah. Sementara nomor seleksi lainnya mengalami kematian cukup tinggi di atas 70 %.

Menurut Ang Boong Beng, peneliti senior di Tunggal Yunus, varietas ini menjadi harapan bagi pekebun yang ingin melakukan replanting kelapa sawit di lahan gambut. Pasalnya setelah siklus 2 atau berikutnya serangan Ganoderma biasanya semakin menguat. Sementara varietas Topaz sendiri selama lebih dari satu decade telah dikenal masyarakat sebagai varietas terbaik untuk lahan gambut.

“Kami selalu berusaha menghasilkan varietas terbaik yang menguntungkan secara ekonomi. Tentu kami tidak ingin menghasilkan materi tanaman yang moderat tahan Ganoderma namun produktivitas rendah atau rendemennya kurang menguntungkan secara industri”, jelasnya,

 Produksi varietas AA TOPAZ GT diperkirakan sekitar 537,040 kecambah pada tahun 2019. Namun semakin banyaknya kebun induk yang diaktifkan diperkirakan pada tahun 2021 potensi produksi mencapai 1,6 juta kecambah.