Copyright 2019 - Custom text here

http://www.asd-cr.com/images/Mejoramiento_genetico/esta.jpg

 

JAKARTA-GAMAL INSTITUTE. Saat ini banyak pekebun sawit yang berusaha mendapatkan benih asal Costa Rica yang diyakini memiliki produksi tinggi, pertumbuhan meninggi lambat dan dapat ditanam dengan populasi yang lebih rapat. Sayangnya, tidak jarang petani sawit akhirnya mendapatkan Costa Rica “abal-abal” yang anehnya diproduksi di Malaysia.

Faktanya, varietas “Costa Rica” ternyata bisa diperoleh secara legal di dalam negeri. PT. ASD Bakrie Oil Palm Seed Indonesia produsen benih yang merupakan grup dari PT Bakrie Sumatera Plantation telah memproduksi varietas unggul yang dihasilkan atas kerjasama dengan ASD Costa Rica.

Varietas tersebut adalah D x P Themba dan D x P Spring. Untuk D x P Themba memiliki rerata produktivitas 40 ton/ha/tahun, dengan potensi CPO mencapai 10 ton/ha/tahun. Bahan tanam unggul ini memiliki kecepatan meninggi sekitar 65 cm/tahun. Nah yang menarik varietas D x P Themba dapat ditanam hingga 160 pohon per ha.

Sementara D X P Spring memiliki produktivitas 38 ton/ha/tahun dengan potensi CPO mencapai 10 Ton/ha/tahun. Kecepatan meninggi 60 sd 65 cm/tahun. Varietas ini bisa ditanam dengan kerapatan 143 pohon per ha.

Dengan adanya kedua varietas ini maka pekebun di Indonesia tidak perlu jauh-jauh mendatangkan varietas pelepah pendek dari Costa Rica. Tinggal memesan langsung dari PT. ASD Bakrie Oil Palm Seed Indonesia.