Copyright 2022 - Custom text here

MAJALENGKA-GAMAL INSTITUTE. Program bongkar ratoon areal perkebunan tebu oleh pemerintah juga menyasar sejumlah lahan kelompok tani (poktan) di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. 

Program tersebut merupakan bagian dari strategi pemerintah dalam rangka peningkatan produktivitas tebu yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian (Kementan), melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkebunan. 

Total semua yang bongkar ada 19 poktan yang tersebar di 3 kecamatan di Kabupaten Majalengka, yaitu Kecamatan Kertajati, Kecamatan Jatitujuh, dan Kecamatan Ligung. Untuk wilayah Kecamatan Kertajati, tepatnya di Desa Sukakerta, ada 3 poktan yang melakukan bongkar ratoon. Salah satu poktan adalah Poktan Kendayakan. 

Total bantuan pemerintah yang diberikan kepada petani tebu di wilayah Majalengka tersebut ada 200 hektare (ha). Sementara untuk dropping/penyaluran benih tebu ditargetkan dapat terselesaikan 25 November 2021. 

Dropping benih tebu dilaksanakan dinas pertanian kabupaten bersama penyedia dari CV. Lahan Hijau.

Sementara itu, kalangan petani tebu penerima bantuan pun menyambut pelaksanaan program tersebut dengan penuh antusias. Mereka merasa sangat senang bisa mendapatkan benih yang bagus. (SR)