Copyright 2022 - Custom text here

JAKARTA-GAMAL INSTITUTE. CV. Ratu Luwak dari Kabupaten Lampung Barat berhasil menyabet Penghargaan Produktivitas Paramakarya 2021. Produsen kopi yang berlokasi di Kota Liwa itu menerima penganugerahan tersebut secara langsung dari Wakil Presiden (Wapres) RI, KH. Ma'ruf Amin, didampingi Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziah.

Acara penganugerahan dihelat di Hotel Grand Sahid Jakarta, Kamis (18/11/2021). Pada kesempatan itu, Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi juga menerima penganugerahan Paramakarya 2021 berkat dukungan dan pembinaan yang telah diberikannya terhadap perusahaan yang telah mendapatkan penghargaan tersebut.

Paramakarya merupakan penghargaan produktivitas tingkat nasional yang diberikan oleh presiden setiap dua tahun sekali di tahun ganjil. Paramakarya juga berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya karya unggul.

Dalam sambutannya, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah, mengakui tingkat produktivitas tenaga kerja di Indonesia belum cukup memuaskan. Tingkat produktivitas tenaga kerja Indonesia tersebut menduduki peringkat ke-4 di negara Asia.

"Salah satu penyebab masih rendahnya produktivitas tersebut adalah rendahnya tingkat pendidikan ketenagakerjaan. Banyak pekerja memasuki masa kerja tanpa keterampilan yang memadai," paparnya.

Untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja tersebut, kata Ida, diperlukan dukungan pilar pembangunan ketenagakerjaan, seperti perluasan kesempatan kerja hingga jaminan sosial tenaga kerja.

Upaya peningkatan produktivitas dalam segala kegiatan yang dilakukan melalui peningkatan produktivitas ditujukan untuk mendorong implementasi produktivitas yang berkesinambungan. Layanan ke depannya juga akan ditingkatkan. (SR)