Copyright 2019 - Custom text here

https://www.filamentive.com/wp-content/uploads/2015/11/SEEDSClublogo.jpg

Mengapa perlu menyebarkan pesan tentang pentingnya sustainability pada pekebunan? Alasannya jelas, karena ini menyangkut keberlangsungan perkebunan itu sendiri.

Orientasi ekonomi dan keserakahan sering menjadikan kita tanpa sadar melakukan pengembangan yang merusak.  Sehingga kita bisa saksikan bagaimana perkebunan dikelola secara inefisien, tidak berkeadilan serta tidak memperhatikan kelestarian lingkungan.

Jika praktek-praktek tersebut kita pertahankan maka apa yang kita nikmati saat ini dari sub sektor perkebunan mungkin kelak menjadi dongeng bagi anak cucu kita. Kita hanya bisa menceritakan jika dulu Indonesia pernah menjadi produsen terbesar komoditas perkebunan.

Kita juga tidak bisa mengindahkan persoalan lingkungan seperti peningkatan emisi gas rumah kaca, pemanasan global dan deforestasi. Perkebunan dalam konteks tersebut harus menjadi menjadi solusi.

Semua itu hanya bisa dicapai melalui pengembangan perkebunan secara berkelanjutan. Dan itu memiliki tanggung jawab kuta untuk menyebarkan spirit sustainability agar para pekebun selalu mengingat pentingnya  pengembangan perkebunan secara berkelanjutan.