Copyright 2020 - Custom text here

Di Indonesia, pengembangan aren selama ini masih bersifat alamiah dan belum terkena sentuhan teknologi. Meskipun begitu, pelaku perkebunan dari Kalimantan Timur berhasil mengembangkan tanaman penghasil nira tersebut secara intensif.

H Tony mengembangkan aren secara modern di atas lahan seluas 15 ha sejak tahun 2014 di Desa Paser  Belengkong, Kab. Paser. Adapun varietas yang digunakan adalah jenis Genja Kaltim. Selain itu, di Kab. Paser Panajam Utara, tepatnya di Desa Sepaku semoi juga akan dikembangkan aren genjah dan saat ini sudah tertanam 5.000 pohon.

Pengembangan perkebunan aren ini bertujuan mendukung swasembada gula di calon Ibukota Negara. Selain itu, pemilik kebun memiliki visi mengembangkan budidaya aren skala Industri, mengingat potensi lahan di Kalimantan Timur yang sangat sesuai untuk itu.

Selain membangun perkebunan H Tony  juga akan mendirikan unit pengolahan skala industri dengan mngembangkan kemitraan pada petani parsial. Sedangkan tahun 2021 akan diujicobakan mengembangkan tanaman aren  tumpang sari dengan kelapa sawit di Kabupaten Paser Panajam Utara.