Copyright 2020 - Custom text here

 

 

JAKARTA - GAMAL INSTITUTE Di zaman digitalisasi ini membuat segala aktivitas menjadi lebih mudah. Jika kita tidak bisa mengikuti arus perkembangan teknologi, maka kita akan tertinggal. Kita harus bisa memanfaatkan perkembangan teknologi dengan baik, salah satunya dengan bertransformasi menjadi digital koperasi.

 

Dalam webinar KEMENKOP UKM, berjudul Transformasi Koperasi Digital (10/11), Firdaus Putra yang merupakan inovator koperasi sekaligus narasumber dalam webinar tersebut menyatakan jika di masa pandemi ini menjadi waktu yang pas untuk berubah. Dimana kita mulai terbiasa untuk melakukan segala hal secara digital. "Pandemi membuat kita berubah, yang tadinya offline menjadi online, hal ini dapat dijadikan momentum untuk mempercepat transformasi digital," Ujarnya

Ia juga mengatakan bahwa pengguna internet di Indonesia cukup banyak, banyak pula yang telah memanfaatkannya dengan baik. "Sebanyak 65% menyatakan bahwa teknologi menjadi prioritas utama dalam kemampuan menjual berbasis digital. Hal inilah yang dilakukan oleh UMKM kita."

 

Transformasi digital sendiri merupakan proses serta strategi menggunakan teknologi digital untuk mengubah cara bisnis beroperasi dan melayani pelanggan. Firdaus juga memaparkan manfaat digitalisasi yang dapat memudahkan kegiatan koperasi, misalnya tata kelola akuntabel, kecepatan layanan, dan pastinya pekerjaan menjadi lebih mudah.

 

"Saya bertanya kepada anggota, mereka merasakan kemudahan. Sehingga mereka lebih terlayani. Kita juga terhubung dengan layanan, 24/7 layanan. Sehingga tidak harus menunggu kantor buka, kita sudah bisa berkegiatan. Hal ini sudah saya rasakan sendiri saat menjadi anggota koperasi sekaligus manajer." Lanjutnya.