Copyright 2020 - Custom text here

BANTEN-GAMAL INSTITUTE. Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) merupakan salah satu program yang dapat memberikan dampak positif bagi para petani. Bahkan, jika program ini dilakukan dengan konsisten, maka akan sangat efisien dalam meningkatkan pendapatan petani. Pasalnya hal tersebut juga telah dirasakan oleh Didin Supandi, yang merupakan ketua kelompok Tani Cidadap.

Dalam kunjungan Gamal Institute ke Desa Bulakan, Kabupaten Lebak, Banten, Indonesia kemarin, Didin Supandi bercerita merasa terbantu dengan adanya program Peremajaan Sawit Rakyat dari pemerintah.

https://indonesia.go.id/assets/img/content_image/1557728570_biodiesel_b20.jpg

JAKARTA-GAMAL INSTITUTE. Tanpa kita sadari, hampir setiap hari kita menggunakan bahan bakar minyak (BBM) untuk berbagai jenis kegiatan, salah satunya adalah sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. Umumnya, BBM ini sendiri dibuat dari bahan bakar fosil. Bahan bakar fosil merupakan sumber daya alam yang mengandung hidrokarbon seperti batu bara, minyak bumi dan gas alam. Pembentukan bahan bakar fosil ini juga memerlukan waktu yang  sangat lama, bahkan sampai berjuta-juta tahun. Terbentuk karena adanya proses alamiah berupa pembusukan dari organisme yang telah mati seperti hewan, tumbuhan dan manusia. Karena memerlukan waktu yang sangat lama dalam pembentukannya, bahan bakar fosil merupakan salah satu jenis bahan bakar yang tidak dapat diperbarui.

Tahukan kalian ? Ternyata, dalam solar yang biasa kita gunakan sehari-hari terdapat kandungan minyak kelapa sawit sebanyak 20 persen (B20). Itu sebabnya disebut biosolar atau biodiesel.