Copyright 2021 - Custom text here

BENGKULU-GAMAL INSTITUTE. CV. Yahyo menargetkan tahun 2021 proses pembibitan sebanyak 800ribu kecambah. Target tersebut dicanangkan karena pada tahun sebelumnya sebanyak 800 ribu kecambah telah tercapai.

“Sampai dengan tahun ini karena ada peremajaan sawit rakyat kami bibit 800ribu tahun 2020. Si tahun 2021 target sampai dengan Juni kita sudah membibitkn 400ribu tinggal setengahnya lagi. Semoga bulan berikutnya bisa terpenuhi,” ujar Rusbandi pengelola CV. Yahyo sekaligus Sekjen PPBTPI (Perkumpulan Penangkar Benih Tanaman Perkebunan Indonesia).

Selama ini CV. Yahyo menggunakan varietas simalungun dan 540 dengan benih berasal dari PPKS (Pusat Penelitian Kelapa Sawit) Medan. Dengan varietas tersebut, Rusbandi mengaku dapat menghasilkan 35 ton per tahun


ACEH-GAMAL INSTITUTE. Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) merupakan kegiatan kebijakan pro rakyat dan menjadi salah satu bentuk perhatian pemerintah pada sub sektor perkebunan. Di kebun Kecamatan Kaway XVI, Kecamatan Panteceuremen dan Kecamatan Phantonree, Kabupaten Aceh Barat, jenis DXP simalungun program PSR sudah mulai panen.