Copyright 2021 - Custom text here

JAKARTA-GAMAL INSTITUTE. Banyak petani sawit yang masih bingung bagaimana mengelola perkebunan sawit, dan memanfaatkan sela sawit. Bolehkah tanam singkong di sela-sela kelapa sawit? Berbahaya atau tidak?

Dibeberapa daerah memang ada petani yang memanfaatkan sela pohon sawit dengan menanam tanaman lain untuk menambah penghasilan. Salah satunya dengan menanam singkong. Hal ini memang masih menjadi perdebatan dikalangan petani sawit. Pasalnya ada pengaruh positif dan negatif terhadap pemanfaatan sela kelapa sawit tersebut.

Pengaruh positif yang terjadi apabila sela kelapa sawit ditanami singkong salah satunya akan mendapat penghasilan tambahan dari tanaman singkong itu sendiri. Namun ada juga yang mengatakan bahwa penanaman singkong di sela sawit sangat tidak dianjurkan. Seperti yang dikatakan Azwam salah satu petani sawit yang tidak setuju jika sela sawit dimanfaatkan untuk menanam singkong. Karena menurutnya, pertumbuhan singkong mengganggu pertumbuhan sawit dikarenakan singkong sangat rakus dalam penyerapan unsur hara.

Sela kelapa sawit boleh saja ditanam singkong asalkan tidak banyak, hanya beberapa saja untuk menambah penghasilan sehari-hari. Penanaman singkong juga tidak boleh terlalu sering karena khawatir tanah akan rusak, Imbuh petani lainnya.