Copyright 2020 - Custom text here

PALEMBANG-GAMAL INSTITUTE. Dewan kopi Kabupaten Lahat bersama Komunitas Penggiat Kopi (KPK) Lahat mengadakan kegiatan pelatihan kopi di pabrik kopi Bola Dunia, Sumatera Selatan (02/20). Pelatihan kopi dasar dengan peserta 30 orang yang terdiri atas siswa SMK 4, SMK 2,  dan SMA Santo Yosef.  Selain itu ada peserta  dari petani dari Desa Pelajaran, pewakilan Kelompok Tani Bhineka Tunggal Ika dan perwakilan Bujang Gadis Lahat.

Materi yang diberikan narasumber pada pelatihan kopi dasar cukup beragam. Diantaranya profil kopi Lahat, good agricultural process, pengenalan alat dan metode seduh, serta pengenalan roasting dan cita rasa/cupping. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari kopi nasional.

Menurut M. Syahriza salah seorang pemateri yang berasal Komunitas Penggiat Kopi Lahat (KPK).menyebutkan jika dalam acara kegiatan ini peserta diajarkan bagaimana menjadi barista yang handal.

“Semua peserta yang ikut berpartisipasi pada pelatihan kopi dasar mendapatkan sertifikat. Pemberian penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi pada masyarakat dalam pengembangan sektor kopi berkelanjutan”,  imbuh pakar kopi yang biasa disapa Ujang.