Copyright 2021 - Custom text here

ACEH-GAMAL INSTITUTE. Siapa yang tidak mengenal kopi asal Aceh, tepatnya kopi gayo yang menjadi salah satu kopi terbaik di dunia. Meski bukan rahasia baru kenapa masih banyak petani Indonesia yang belum sejahtera, tapi dikomoditi ini ada salah satu petani kopi wanita yang berhasil melebarkan sayapnya.

Di Aceh tepatnya di Desa Blang Kolak 2, Kecamatan Babesen, Kabupaten Takengon, Aceh Tengah, Adhe Linge sukses memperkenalkan kopi gayo kepada masyarakat luas dengan brandnya Kupi Gayo Adhelinge. Sejak tahun 1999 ia sudah menjadi petani kopi yang dibimbing oleh keluarganya. Hingga pada tahun 2016 putri bungsu dari sebelas bersaudara ini mulai membuat produk jadi dan memasarkannya.

Menurut Adhe Linge perkebunan kopi yang diwariskan keluarganya tentu dapat membuka peluang usaha yang menjanjikan. Dan benar saja, peluang pasar erbuka lebar dibisnis kopi ini karena peminatnya begitu banyak. Adhe Lingge yang mulanya sebagai Ibu rumah tangga kini menjadi entrepreneur perkebunan khususnya pada komoditas kopi. Ia mulai mengolah sendiri hasil perkebunanya untuk dibuat produk jadi dan dikemas sebelum akhirnya dipasarkan.

“Awalnya saya hanya menjual biji kopi saja. Tapi saya berfikir kenapa gak buat produk jadi saja seperti yang dilakukan kakak saya. Nah dari situlah saya membuat produk jadi kopi gayo, yang kemudian saya kirim ke kantor suami saya. Dan gak nyangka ternyata banyak yang suka dan mulai produksi banyak yang kemudian saya kirim kebeberapa tempat lain dalam bentuk green bean, roas bean, dan powder tergantung permintaan pasar. Biasanya saya kirim ke papua karena banyak teman-teman cafe, ke Bali juga ada” jelasnya.

Sebagai Ketua Umum Koperasi Pengusaha Kopi Indonesia Jakarta, Adhe Linggi mempunyai misi untuk memperkenalkan salah satu kopi terbaik dunia yaitu kopi gayo dari Aceh. Ia juga ingin masyarakat luas bisa menikmati kopi gayo dan mencintai produk kopi lokal hasil perkebunan tanah air.

Kini Adhe Linge sudah kerjasama dengan pemprov DKI untuk masuk kopi ke seluruh pasar, hingga akhirnya sekarang Kopi Gayo Adhelingge sudah masuk ke 54 pasar Jaya Jakarta dan lebih mudah didapatkan.