Copyright 2020 - Custom text here

JAKARTA-GAMAL INSTITUTE. Peningkatan kesejahteraan petani sangat penting untuk diperhatikan guna memperbaiki kehidupan sosial ekonomi petani. Hal tersebut tidak terlepas dari peran koperasi. Dalam webinar yang diselenggarakan Gamal Institute dengan tajuk, "Menjadi Pemimpin Visioner bagi Petani Kelapa Sawit" (29/9), dengan narasumber Arie Malangyudo, pemimpin koperasi, menyatakan jika koperasi memiliki peran penting sebagai penyedia modal kerja simpan pinjam, penyedia sarana produksi pertanian, edukator, fasilitator dan lainnya, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan petani.

Meskipun begitu, petani harus memiliki sikap pemimpin yang tidak hanya mengandalkan bantuan koperasi. Dalam forum diskusi salah satu peserta webinar tersebut bertanya mengenai hubungan antara pemimpin koperasi.

"Bagaimana kerjasama yang baik antara antar koperasi?" Tanya Indra dalam diskusi webinar.

Untuk menciptakan hubungan atau kerjasama yang baik antar pemimpin koperasi bukanlah hal yang instan, diperlukan mindset baru. "Jangan terus meminta bantuan, cobalah petani dan koperasi berada di atas. Pemimpin harus memiliki pemahaman untuk memberi pengarahan kepada petani," kata Arie Malangyudo.

Ia juga menuturkan bahwa koperasi harus menjadi organisasi pembelajaran yang berintegritas. Oleh sebab itu, pemimpin harus dilatih dan dicari sesuai dengan kompetensi. "Paling penting menjadi pemimpin yang berintegritas. Tidak mudah goyah, meski keadaan menggoda." Lanjutnya.