Copyright 2020 - Custom text here

SUNGAI LILIN-GAMAL INSTITUTE.KUD Mukti Jaya adalah salahsatu koperasi yang mengikuti program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) sejak 2017 lalu, yang berlokasi di Desa Bumi Kencana, Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyu Asin. Dengan diketuai oleh Bambang Gianto, KUD Mukti Jaya membawahi enam desa yaitu; Mulyo Rejo, Cinta Damai, Berlian Makmur, Bukit Jaya, Bumi Kencana, dan Panca Tunggal.

Total seluruh luasan lahan areal replanting keenam desa ini mencapai 3.848 ha, dengan luas yang direplanting 3.226 ha, dan total luas yang sudah panen sekitar 768 ha (setelah 30 bulan masa tanam). KUD Mukti Jaya juga memiliki diversifikasi usaha dalam penyedia jasa alsintan seperti 1 unit motor grader merek Hidrome, 1 unit compactor merek SAKAI, dan 2 unit traktor merek Kubota type M9450.

Bambang mengaku adanya proram PRS ini sangat membantu petani khususnya di kabupaten Musi Banyu Asin. Dengan adanya dana hibah dari pemerintah yang saat itu sebesar 25 juta/ha ini sukses membantu KUD Mukti Jaya menjalankan program PSR dan membuat petani sejahtera. Bantuan dana yang distimasikan cukup untuk perawatan satu tahun (P1) namun KUD Mukti Jaya dapat membuatnya sampai kepada perawatan dua tahun (P2).

“Dana yang diperoleh dari program ini kami gunakan sebaik-baiknya karena ini adalah amanah. Kami buat kesepakatan dari tiap anggota dan hasilnya seperti sekarang ini. Tidak perlu pinjam sana sini karena kami mengelola dana tadi dengan sebaik-baiknya, hingga ternyata kita bisa hemat satu tahun atau sampai (P2)” jelasnya kepada tim Gamal, (10/20).

Untuk produktivitasnya sendiri, satu hektar bisa menghasilkan 6 ton/tahunnya dengan waktu panen 24 sampai 30 bulan. Untuk berat rata-rata Tandan Buah Segar (TBS) hasil panen yaitu 4,5 kilogram dan sudah dibanderol dengan harga penetapan Dinas Perkebunan karena rendemen TBSnya diangka 18,1%.