Copyright 2020 - Custom text here

JAKARTA-GAMAL INSTITUTE. Kopi merupakan salah satu komoditi perkebunan yang memiliki peluang besar dan dapat meningkatkan ekonomi dalam negeri. Mengingat saat ini ini performa kopi sangatlah bagus dan sering dikonsumsi oleh masyarakat. Oleh sebab itu, diperlukan upaya peningkatan kopi dalam negeri.

Dalam webinar "Meningkatkan Konsumsi Kopi dalam Negeri" (10/20), Abdul Rochim yang merupakan direktur jenderal industri agro kementerian perindustrian RI sekaligus pembicara dalam seminar tersebut mengatakan bahwa pengolahan kopi merupakan salah satu upaya peningkatan kopi dalam negeri. Bukan hanya itu, penggunaan internet juga dapat mengenalkan kopi lebih luas.

"Diharapkan Indonesia dapat bersaing dalam atau luar negeri untuk memperkokoh perindustrian kopi dan memajukan sektor kopi nasional." Ucap Abdul Rochim.

Agung Wahyu Susilo yang merupakan direktur Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia juga mendukung peningkatan konsumsi kopi dalam negeri, mengingat Indonesia merupakan surganya kopi. "Indonesia merupakan wilayah cincin api. Banyak gunung api sehingga ada cita rasa khas," katanya

Selain dari pengolahan dan penggunaan internet dalam mengenalkan kopi, ada beberapa hal yang menjadi faktor meningkatkan konsumsi kopi, salah satunya dengan memperhatikan kualitas kopi. "Faktor kualitas kopi dilihat dari wilayah, ketinggian, kondisi tanah, dan varietas," ucap Agung. Keempat poin tersebut sangat penting diperhatikan untuk menghasilkan produksi yang banyak dan berkualitas. "Kalau menggunakan varietas unggul bisa menghasilkan 4 ton." Lanjutnya.