Copyright 2020 - Custom text here

JAKARTA - GAMAL INSTITUTE. Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia bertempatan di Jember, Jawa Timur, mempunyai dua lokasi yakni berkantor di Jl. PB. Sudirman No. 90 Jember dan kantor kedua berada di Desa Nogosari, Kecamatan Rambipuji, Jember berjarak + 20 km arah Barat Daya dari Kota Jember. Lokasi yang kedua ini cukup jauh dari kota, dan disana memiliki pengoperasian secara perkebunan, pengolahan, hingga ke produk jadi. Daerah Nogosari ini cukup asri karena suasana mayoritas perkebunan dan berdekatan dengan pantai Watu Ulo Jember. Puslit Koka mempunyai Agrowisatanya yang dapat dikujungi semua kalangan sebagai tempat edukasi wawasan perihal kopi dan kakao (cokelat). 

Luas perkebunan, khusus areal dari kopi dan kakao berkisar 160 ha, dengan ketinggian mencapai 100-1.200 mdpl. Tim Gamal Institute berkunjung pada 12 November 2020 yang beralokasikan di Desa Nogosari, Jember mempunyai dua jenis, perkebunan kopi robusta dan arabika.

Varietas kopi arabika tidak bertempat lokasi penanaman di Desa Nogosari Jember, namun berada di lereng pegunungan dengan akses perjalanannya yang agak sulit di Desa Nogosari Jember. Varietas ini adalah kopi Robusta, dimana dari sekian banyak klon, hanya unggul pada klon Hibero 1, Hibero 2, Hibero 3, Hibero 4 dan Hibero 5. Selain klon hibrida, terdapat klon lain yang mempunyai keunggulan sendiri seperti klon MCC02, Sulawesi 1 dan lainnya. Percobaan lapang terdapat perlakuan persilangan terhadap tanaman kopi, seperti sambung tusuk, akar super dan persilangan klonal. 

Pada pertumbuhanya dikembangkan melalui biji, tumbuh sambung, dan secara kultur jaringan. Melalui biji yang dikembangkan hingga ditanam, sedangkan pengaplikasian secara tumbuh sambung yakni ditanam sambungkan pada bagian batang dari satu varietas dengan varietas lainnya. Pengolahan secara kultur jaringan dilakukan pada kondisi steril di tempat laboraturium khusus sebagai inovasi pengembangan baru menjadi klon yang unggul dan lebih baik. Umumnya kopi dapat dipanen hingga 11 bulan dipetik hasil tanam berupa buah kopi yang nantinya untuk diolah produksi sebagai hasil produk. Biji kopi dapat diolah mejadi minuman dan sisa kulitnya dapat diolah kembali menjadi bahan pakan hewan.