Copyright 2021 - Custom text here

JAKARTA-GAMAL INSTITUTE. Gamal Intitute mengadakan tur dan diskusi online di kebun pembibitan sawit KUD Karya Mukti yang berlokasi di Desa Karya Harapan Mukti, Kab. Bungo, Jambi

Pada tur dan diskusi online ini, Alfath Haryono Pawiro, Pemilik Kebun Pembibitan sekaligus KUD Karya Mukti menjelaskan beragam hal seputar pembibitan sawit seperti pertumbuhan bibit sawit, tehnik penyiraman, perawatan, bahan media pembibitan dan ukuran polybag khusus untuk pembibitan sawit.

“Perawatan dalam media pembibitan menggunakan mikoriza sebagai memilimalkan biaya dan lebih bagus ke pertumbuhannya lebih cepat”, Kata Haryono. Senin (1/3/2021).

Saat ini, dia bercerita KUD Karya Mukti bahwa tengah mengembangkan hingga saat ini target 2021 yakni 250.000 batang bibit untuk siap salur. Capaian prenursery sebesar 80.000 bibit yang baru tertanam, di bulan April akan didata lagi mencapai 40.000 bibit. Jumlah penangkaran saat ini mencapai ada 80.000 bibit dan sisa stok yang sudah terpesan saat ini sekitar 5.000 bibit sawit.

Haryono mengaku bahwa saat ini dirinya telah ada pemesanan bibit sawit di bulan April-Mei dan stok bibit sawit untuk Juni-Juli berkisar 25.000 batang bibit, bulan oktober juga akan distok serta bulan-bulan berikutnya.

Saat ini, penyaluranya masih dilakukan terbatas untuk daerah Jambi karena ketersediaan benih yang masih kurang memadai.

Selain focus mengembangkan bibit sawit, juga terdapat Unit Usaha Koperasi hingga 20. Haryono juga sering bertukar ilmu dan informasi dengan penangkar pembibitan lain.

“Bekerjasama dengan penangkar lain juga telah dilakukan untuk saling tukar informasi ,pendapat, pengalaman dan ada komunitas. Dari barometernya jika ada kendala dipenangkar lain akan datang kesini mengenai bahasan pupuk atau segala macamnya. Namun, secara resminya untuk kerjasama masih belum ada. Harapan saya untuk kedepan harus ada Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia/(APPBTI) di Provinsi Jambi”,  Imbuhnya Haryono dari tanggapan diskusi peserta. Senin (1/3/2021).