Copyright 2021 - Custom text here

 

KALTENG-GAMAL INSTITUTE. Peserta tani di Kalimantan Tengah mendapatkan sosialisasi tentang penggunaan benih kelapa sawit bersertifikat. Sosialisasi tersebut dilaksanakan pada 22 dan 23 Maret 2021 dan digelar di Hotel Andika PBUN.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh para kepala desa, kelompok tani, KUD dan para penangkar atau produsen benih dari beberapa kabupaten, di antaranya Kabupaten Lamandau, Kabupaten Sukamara, Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Kobar.

Narasumber sekaligus panitia sosialisasi, Ir. Therecia Vennie menjelaskan bahwa acara tersebut bertujuan agar para petani menggunaan benih unggul. “Tujuan acara agar para petani untuk kebun sendiri atau untuk yang mengikuti kegiatan PSR menggunakan benih kelapa sawit yang unggul dan bermutu serta sudah bersertifikat dan berlabel,” jelas Therecia dalam wawancara (23/3).

Therecia juga mengungkapkan bahwa sekarang petani sudah lebih melek terhadap penggunaan bibit bersertifikat.

“Sekarang ini para petani sudah sadar dan paham sangat pentingnya penggunaan benih kelapa sawit yang unggul dan bermutu karena mereka sudah merasakan penggunaan benih kelapa sawit yang ilegal hasil produksinya rendah dan cara pemeliharaan yang sama dengan benih unggul,” ungkapnya.

Sosialisasi serupa juga akan dilaksanakan pada 29 dan 30 Maret 2021 di Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

*(Adhita Diansyavira)