Copyright 2021 - Custom text here

JAKARTA-GAMAL INSTITUTE. Ternyata Indonesia menjadi sorga bagi konsumen benih kelapa sawit. Bagaimana tidak, selain menjadi produsen terbesar di dunia, pengguna benih juga dimanjakan dengan pilihan varietas unggul.

Dwi Asmono, Ketua Forum Komunikasi Produsen Benih Kelapa Sawit menyebutkan jika saat ini Indonesia telah memiliki 58 varietas yang keragamannya mewakili keragaman varietas di dunia. Bahan tanam unggul tersebut dimiliki 19 produsen benih  beberapa di antaranya PT Socfin Indonesia, PT PP London Sumatra Tbk, PT Dami Mas Sejahtera, PT ASD - Bakrie Oil Palm Seed Indonesia, PT Perkebunan Nusantara IV dan PT Palma Inti Lestari.

Mengingat Indonesia sudah sejak 1998 mempunyai sistem yang regulatif dan manajemen tertata sehingga tidak ada alasan pekebun lokal untuk ragu dengan kualitas benih sawit Indonesia. Apalagi produksi benih di Indonesia menurut Dwi Asmono didukung dengan sains dan sistem quality assurance yang ketat.

Kualitas benih unggul dapat digambarkan pada beberapa perusahaan yang sudah menerapkan satu sistem yang terkendali. Mulai dari tahap checking, jadwalnya, siapa yang melakukan, pencatatan perkembangan hingga sampai pengiriman benihnya. (Ad)