Copyright 2021 - Custom text here

 

JAKARTA-GAMAL INSTITUTE. Kopi identik dengan minuman penghilang rasa kantuk, namun belakangan banyak pebisnis yang mengembangkan varian kopi. Bahkan kopi dipadukan dengan komoditas dari perkebunan seperti kelapa.

Kopi kelapa menjadi salah satu menu andalan John Erlis, seorang pengusaha coffee shop di Riau mengungkapkan sebelum memproduksi kopi kelapa ia melakukan studi ke beberapa perguruan tinggi seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Riau. “Saya nggak berani olah dulu, harus tahu efek terhadap tubuh, harus ada risetnya,” ujar John dalam wawancara (4/4).

Riset penelitian menunjukan,  tambah pengusaha muda tersebut, kopi kelapa memiliki manfaat meningkatkan imun dan menjaga daya tahan tubuh, bahkan juga menghilangkan rasa lelah dan pegal-pegal.  Manfaat lainnya, kopi kelapa juga terbukti bisa menurunkan gula darah dan baik untuk menetralkan asam lambung.

Rasa kopi kelapa pahit seperti kopi, namun yang membuat khas adalah aroma kelapa yang pekat. John menjelaskan, untuk membuat kopi kelapa yang memanjakan lidah, air kelapa dimasak terlebih dahulu hingga mendidih, satu cangkir biasanya membutuhnya 200ml air kelapa. Kemudian dicampur dengan bubuk 10gr kopi dari biji pilihan. Kemudian aduk laly disaring sebelum disajikan.

Nah yang menarik, jelas pebisnis kopi yang telah merintis usahanya sejak 2017, permintaan kopi kelapa cenderung meningkat penjualannya di bulan Ramadhan. Karena mengkonsumsi kopi unik ini dirasakan sangat memberikan kesegaran tubuh, mengingat air kelapa dapat berfungsi  mencegah dehidrasi selama berpuasa. (AD)