Copyright 2021 - Custom text here

 JAKARTA-GAMAL INSTITUTE. Permintaan kecambah sawit sebagai benih tanaman terbilang tinggi. Namun persoalan yang terjadi di lapangan, justru banyak petani yang harus gigit jari lantaran kesulitan memperoleh benih kelapa sawit unggul. Di sisi lain, kondisi itu justru sering dimanfaatkan segelintir oknum untuk menawarkan kecambah sawit palsu atau asal-asalan, bahkan ilegal. 

Hal itu mengemuka ketika Gamal Institute mengadakan Kunjungan Online Simulasi Pemesanan dan Penyiapan Kecambah Resmi bersama Tim Pemasaran PPKS (Pusat Penelitian Kelapa Sawit) Medan, Sabtu (04/09/2021).

Demi menghindari penggunaan kecambah sawit palsu atau ilegal, Tim Pemasaran PPKS Medan merekomendasikan agar masyarakat, khususnya petani kelapa sawit, membeli kecambah sawit resmi langsung di PPKS. 

PPKS senantiasa menjamin mutu dari kecambah sawit resmi yang dihasilkannya. Melalui serangkaian proses mulai dari tahap seleksi terhadap bakal benih sampai dengan sertifikasi benih unggul tersebut.

 Irma Zulhana, dari Tim Marketing PPKS Medan menuturkan, pembelian langsung kecambah sawit resmi bisa dilakukan di kantor pusat PPKS yang berlokasi di Medan. Selain itu di PPKS Sub Station di Parindu, Kalimantan Barat, serta kantor PPKS Unit Usaha Marihat, outlet-outlet PPKS, dan di perusahaan mitra yang bekerja sama dengan PPKS. 

Untuk lebih memudahkan calon pembeli, terutama yang berada di luar wilayah kantor atau outlet PPKS, disediakan pula layanan pemesanan kecambah sawit resmi melalui hotline dan pembelian secara online lewat aplikasi My Sawit.

"PPKS Medan tidak menggunakan jasa pihak ketiga atau melayani pembelian secara online lewat market place mana pun," jelas Irma. Syarat untuk pemesanan benih pun terbilang mudah, di antaranya cukup sertakan salinan KTP dan surat keterangan kepemilikan lahan. Informasi lengkap tentang Tata Cara Pembelian PPKS bisa dilihat melalui situs resminya.

 "Pembelian langsung oleh kalangan petani perorangan akan mendapatkan potongan harga khusus hingga 10 persen tanpa minimal pembelian. Sedangkan untuk swasta, juga ada potongan harga 10 persen dengan syarat pembelian minimal Rp 200.000," tambahnya.

PPKS juga menyediakan benih kelapa sawit bermutu lewat Prowitra yang menjadi program unggulannya. Kegiatan ini terdiri dari tiga kegiatan yaitu sosialisasi penggunaan bahan tanaman unggul, pendampingan penerapan kultur teknis standar, dan layanan penyaluran kecambah unggul PPKS. 

Untuk pemesanan melalui aplikasi mysawit, PPKS Medan biasanya meng-up date atau memperbarui informasinya setiap hari Senin. Jadi disarankan para pembeli kecambah melakukan pemesanan pada hari itu (SR)