Copyright 2021 - Custom text here

JAKARTA-GAMAL INSTITUTE. Ingin omzet penjualan produk Anda melejit? Tak perlu pusing-pusing pasang iklan yang biayanya selangit. Cukup gunakan aplikasi Whatsapp yang tersedia di ponsel pintar Anda sebagai sarana mempromosikan produk terbaik Anda. 

Hal itu sebagaimana dikemukakan Anggi Ayu Anggraeni, dalam Workshop bertajuk Trik Membuat Tulisan Promosi Menggunakan Whatsapp yang diadakan Gamal Institute secara virtual, Senin (13/9/2021). 

Mengapa memilih Whatsapp? Menurut Anggi yang merupakan penulis di Gamal Institute ini, sebagai platform, Whatsapp menjadi aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan di Indonesia. Whatsapp bisa digunakan siapa saja, bahkan oleh orang yang super sibuk sekalipun.

“Menurut data, pengguna internet di Indonesia ada 171 juta atau 64,4 persen menggunakan internet di mana 83 persen dari 171 juta tersebut adalah pengguna Whatsapp,” jabarnya.

Tapi, merencanakan promosi produk dengan menggunakan Whatsapp tetap perlu dipersiapkan dengan sebaik mungkin.

Menurut Anggi, ada beberapa trik agar promosi lewat Whatsapp bisa efektif. Pertama, buatlah kata-kata promosi yang singkat dan jelas.

“Hindari pemilihan kata yang terlalu panjang sehingga membutuhkan waktu untuk mencerna konteksnya,” terangnya.

Kedua, pilih kata-kata yang mudah dipahami dan sesuaikan dengan targetnya. “Usahakan dalam sekali baca, orang langsung bisa mengerti produk yang sedang disampaikan,” tandasnya.

Ketiga, berikan alasan. Ada kalimat tambahan yang bertujuan meyakinkan calon konsumen agar mereka mau membeli produk. 

Keempat, membuat kalimat persuasif, yang biasanya terdapat makna perintah dari penulis yang disampaikan secara tidak langsung…Anggi juga menekankan perlunya melakukan editing terhadap naskah promosi yang telah dibuat. Selain menggunakan font yang mudah dibaca, Anggi menegaskan pentingnya penguasaan terhadap EYD (Ejaan yang Disempurnakan) yang benar.

“Penguasaan EYD menunjukkan kualitas si penulis,” tegasnya.

Jangan lupa beri judul yang menarik dan gambar atau foto yang mendukung promosi tersebut.

Lalu di mana saja promosi bisa dilakukan? Selain Whatsapp, promo produk juga bisa disebar di berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Youtube, website dan lain-lain. (SR)