Copyright 2021 - Custom text here

JAKARTA-GAMAL INSTITUTE. Es kelapa kopyor menjadi minuman yang banyak diminati pengunjung daerah destinasi wisata Kabupaten Pati, tepatnya di Desa Ngagel, Kecamatan Dukuhseti. Kesegarannya yang unik dan rasa kelapa kopyor yang eksotis dijamin bakal membuat ketagihan.

Maka jangan heran jika Anda mendapati para pengunjung yang datang ke sana tak merasa ragu untuk merogoh kocek lebih dalam, demi bisa menikmati segelas es kelapa kopyor meskipun minuman tersebut dibanderol dengan harga mencapai Rp70.000 per gelasnya.

Apa sih istimewanya? 

Ketua Asosiasi Petani Kelapa Indonesia (APKI) Kabupaten Pati, Cornelius Ruslan, mengungkapkan, hal itu karena pembuatan minuman kelapa kopyor tersebut menggunakan bahan baku yang terjamin keasliannya.

Kelapa kopyor yang digunakan dalam minuman tersebut adalah daging buah kelapa kopyor asli. 

Varietas kelapa kopyor yang banyak dibudidayakan di daerah itu adalah kelapa genjah kopyor, yang terbagi menjadi 3 jenis yaitu kelapa genjah kopyor kuning, kelapa genjah kopyor hijau, dan kelapa genjah kopyor coklat. 

"Karena minuman kelapa kopyor yang kami sajikan di sini bukan terbuat dari bahan sintetis melainkan bahan baku asli dari kelapa kopyor," ungkap Ruslan dalam wawancara dengan Gamal Institute dengan topik Membuat Es Kelapa Kopyor Rp70.000 per Gelas, Senin (20/9/2021). 

Dalam kesempatan itu, Ruslan pun mempresentasikan sekaligus berbagi resep membuat es kelapa kopyor yang "nendang" sehingga bisa laris manis terjual dengan harga tinggi.

Kelapa kopyor yang digunakan untuk minuman segar ini haruslah yang sudah tua atau berusia sekitar 9,5 bulan. 

Resep pertama menikmati kesegaran kelapa kopyor ini, yaitu dengan mengambil daging buah kelapa kopyor dan airnya, lalu tambahkan air kelapa muda.

Bagi yang suka rasa manis, bisa ditambah sirup, atau gula pasir, atau gula aren. Khusus penderita diabetes bisa menggunakan pemanis pengganti gula. Air kelapa muda bisa juga diganti dengan air putih biasa.

"Bila ingin terasa lebih manis lagi, bisa ditambahkan sedikit garam," tambahnya. 

Bagi yang menginginkan toping dalam minuman es kelapa kopyornya, bisa ditambahkan nata de coco atau selasih. 

Resep kedua, yakni dengan menambahkan susu ke dalam campuran air kelapa muda dan daging buah kelapa kopyor tersebut. 

"Bila ingin segar dan dingin ditambahkan es batu, tapi bila tidak mau es, air kelapanya pun rasanya sudah segar," tandasnya. (SR)