Copyright 2022 - Custom text here

JAKARTA-GAMAL INSTITUTE. Mengelola toko online tentu ada tips dan triknya. Tidak sekadar untuk membuat produk mendunia, tapi juga agar mampu bersaing sekaligus mendongkrak penjualan.

Melalui workshop bertajuk Rahasia Mengelola Tokopedia, Penjualan Laris Manis yang diadakan secara virtual oleh Gamal Institute, Yulivia Dianti selaku narasumber pun membagikan tips dan trik tersebut.

Langkah pertama adalah dengan menciptakan merek atau branding toko yang pas. Kita perlu memiliki identitas merek (brand identity) yang merupakan komponen visual yang ada membentuk sebuah merek. Brand identity ini mencakup logo, tipografi, warna, dan juga kemasan.

“Ini sangat diperlukan di bisnis online agar toko selalu melekat di pikiran para calon pembeli,” papar Yulivia.

Menurutnya, brand identity ini bermanfaat antara lain untuk target pasar yang lebih luas, membangun kepercayaan konsumen, menciptakan loyalitas para konsumen.

Trik mengelola toko online berikutnya adalah dengan membuat list atau halaman produk yang baik untuk menarik perhatian pembeli. Dengan list produk yang baik, potensi produk ditemukan di halaman pencarian oleh pembeli menjadi lebih besar. Selain itu juga merupakan penentu apakah pembeli akan membeli produk atau tidak.

Tips dalam mengatur list produk, yaitu dengan memberikan nama produk dengan rumus jenis/kategori + merek + keterangan, menggunakan foto produk yang menarik pembeli, memberikan deskripsi produk yang lengkap dan jelas, memberikan harga yang kompetitif agar dapat bersaing dengan produk lain.

Dalam hal ini, Yulivia mengambil contoh penerapan pengelolaan toko online lewat Tokopedia. (SR)