Copyright 2022 - Custom text here

JAKARTA-GAMAL INSTITUTE. Sawit menjadi komoditi terbesar industri perkebunan nasional yang mana khususnya di Sumatera Selatan saja lebih dari 2 juta warganya bergantung pada sawit. Masih banyak petani sawit yang lokasinya jauh dari pabrik besar, sehingga ini menjadi masalah sekaligus peluang bagi pelaku usaha sawit.

Dalam webinar Gamal Institute yang bertajuk “Miliki Peluang Pengembangan PKS Mini” Jum’at (14/10/2022), Kusnadi seorang Owner PKS Mini mengungkapkan bahwa menjalankan PKS mini merupakan suatu solusi dan peluang yang besar untuk usaha kelapa sawit.

Seperti yang diketahui kesenjangan pendapatan hingga saat ini masih menjadi masalah bagi petani sawit. sudah selayaknya petani mendapat kesempatan untuk turut berperan dalam meningkatkan nilai tambah sawit, baik untuk kesejahteraanya ataupun peningkatan pendapatan nasional.

Komoditi kelapa sawit terlihat sangat prospektif jika dikelola dengan baik.  Akibat dari jaunya lokasi kebun ke pabrik banyak biaya yang harus dikeluarkan petani untuk panen, pascapanen hingga pengiriman ke pabrik.

“Banyak cost yang dikeluarkan oleh petani dari mulai proses panen panen, pengiriman buah sampai ke pengepul atau ke pabriknya” jelas Kusnadi.

PKS mini menjadi sistem bisnis yang berpeluang dan mempermudah petani. Dimana petani tidak harus menjual kelapa sawit ke pabrik yang jauh dengan harga yang murah. PKS mini menyediakan fasilitas pengolahan kelapa sawit yang bernilai tambah dan berlokasi dekat dengan kebun. (TW)