Copyright 2022 - Custom text here

JAKARTA-GAMAL INSTITUTE. Briket arang tempurung merupakan salah satu produk turunan kelapa yang unggul dan memiliki peluang bisnis yang kuat. Memanfaatkan habit dari suatu masyarakat, pebisnis ini berhasil merauk keuntungan dari turunan kelapa.

Dalam webinar Gamal Institute yang bertajuk “Melirik Prospek Bisnis Arang Kelapa” Senin (24/10/2022), Wendi BM S.Sos A.cst mengatakan bahwa bisnis kelapa dan turunanya terutama arang, menjadi bisnis baik yang bisa digeluti.

Wendi melirik adanya suatu habit masyarakat Eropa dan Timur Tengah, dimana di rumah mereka wajib ada shisha untuk dihisap sendiri atau menjamu tamu. Jelas shisha ini termasuk kebutuhan pokok di mereka.

Shisha kerap dijadikan alternatif rokok yang dianggap lebih aman. Shisha istilah dari Mesir untuk menyebut pipa air dengan tabung yang tersambung ke wadah, pipa ini digunakan untuk menghisap tembangkau dan perasa yang dibakar menggunakan arang khusus.

Arang dari tempurung kelapa berpotensi untuk dijadikan bahan baku shisha. Dimana permintaan untuk arang tempurung kelapa ini sendiri semakin meningkat seiring dengan meningkatnya juga permintaan shisha.

Menurut Wendi bisnis kelapa saat ini dicari oleh seluruh negara. Indonesia menjadi negara produsen kelapa ketiga terbesar di Asia. Dimana dengan kondisi iklim dan suburnya tanah Indonesia kelapa bisa tumbuh subur dengan kualitas buah yang baik.

Dikatakan bahwa arang tempurung kelapa asal Indonesia memiliki kualitas terbaik di dunia, hal ini karena faktor lingkungan indonesia sangat bagus dan itu dicari oleh setiap negara, sehingga kelapa dan produk turunanya sangat berpotensi untuk dimanfaatkan. (TW)