Copyright 2022 - Custom text here

JAKARTA-GAMAL INSTITUTE. Peluang bisnis gambir cukup besar dimana Indonesia sendiri dikatakan sebagai pemasok 80% komoditas gambir di pasar dunia. Tidak hanya itu, rupanya peluang bisnis gambir bisa terlihat pada manfaat kandungan yang ada, terutama untuk industri kesehatan dan kecantikan.

Hal ini disampaikan langsung oleh Amir Bakhtiar dalam webinar Gamal Institute yang bertajuk “Melirik Prospek Usaha Gambir dalam Industri Kesehatan dan Kecantikan”, Minggu (30/10/2022).

Menurut Amir gambir dapat digunakan sebagai antidiare, obat kumur, obat luka bakar, encok, dan secara budaya sebagai gambir bisa digunakan sebagai bahan makan sirih, penyamak kulit dan pewarna batik. Saat ini dengan adanya penelitian yang berkembang pemanfaatan gambir bisa lebih luas lagi.

Andalas farma menciptakan gambir yang memenuhi persyaratan untuk obat dan kosmetik yaitu gambir yang mengandung katekin minimal 90%, dimana katekin ini merupakan kandungan utama dari tanaman gambir.

Adanya kandungan katekin di dalam gambir mempengaruhi aktivitas antioksidan yang didapat dari ekstrak gambir. Senyawa fenol dalam gambir juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri atau dikatakan antimikroba. Gambir memiliki aktivitas hepoprotektor atau untuk melindungi hati pada dosis 300 mg/bb. Gambir juga dapat digunakan sebagai obat luka untuk yang memiliki penyakit diabetes.

Sedangkan peluang gambir untuk industri kosmetik yaitu dari gambir dapat membuat produk masker gambir, masker peel off, pasta gigi, lulur shampoo untu ketombe dan lainnya, yang mana dengan adanya fenol dalam gambir dapat bereaksi dengan protein mati yang terdapat di kulit. (TW)